6 Tip Hemat Jalan-jalan di Singapura

Cloud Forest

Tidak seperti kebanyakan negara lainnya di Asia Tenggara, biaya hidup di Singapura cukup tinggi. Karena itu, biaya jalan-jalan ke Singapura pun tidak bisa dibilang murah namun bukan berarti tidak bisa disiasati. Coba deh, tip hemat jalan-jalan di Singapura berikut ini untuk menekan biaya. 

1. Pilih penginapan dengan lokasi strategis
Tentukan terlebih dahulu lokasi wisata apa saja yang mau dikunjungi dan menginaplah di penginapan yang lokasinya paling dekat ke tempat-tempat wisata yang menjadi tujuan. Dengan begitu bisa menghemat biaya transportasi yang lebih mahal bila dibandingkan biaya transportasi di Jakarta. Mau dapat penginapan dengan harga murah? Klik dari link berikut ini, ya. Bila melakukan pemesanan dari link tersebut akan mendapatkan 10% uang kembali setelah selesai menginap. Tidak berlaku bila pemesanan dilakukan di luar link tersebut.  

2. Gunakan kartu EZ-Link
Pembayaran ongkos bus dan MRT akan lebih murah menggunakan kartu EZ-Link daripada membeli tiket satuan. Perbedaan harganya bisa sampai 40% lebih mahal bila membeli tiket satuan daripada membayar dengan menggunakan kartu EZ-Link. Namun yang perlu diketahui adalah harga kartu EZ-Link-nya saja (di luar saldo) adalah 5SGD. Jadi sebelum memutuskan membeli kartu EZ-Link sebaiknya kalkulasikan jumlah perjalanan dan bandingkan antara membeli tiket satuan atau dengan kartu EZ-Link (termasuk menghitung harga kartunya). 

3. Beli tiket atraksi wisata secara online 
Saya memang belum pernah mengunjungi semua atraksi wisata di Singapura tapi dari pengalaman saya mengunjungi beberapa tempat wisata, harga tiketnya lebih murah bila dibeli secara online daripada langsung di lokasi wisata. Contohnya harga tiket masuk Sentosa Merlion, bila beli langsung di lokasi seharga 12SGD per orang sementara beli di situs resminya hanya 10,80SGD. Sedangkan saya waktu itu membelinya lewat Klook dan dapat harga lebih murah lagi, yaitu 9SGD. 

4. Beli tiket atraksi wisata secara paket
Sebelum mulai membeli tiket wisata di Singapura, sebaiknya pastikan dulu tempat wisata Singapura mana saja yang mau dikunjungi. Dari situ, cari tahu apakah tempat-tempat wisata yang dituju menjual tiket dalam satu paket dengan begitu kita bisa mendapatkan harga lebih murah. Contohnya harga tiket Cloud Forest + Flower Dome Gardens by The Bay adalah 28SGD dan Singapore Flight harganya 33SGD. Bila membeli satuan, maka total harganya adalah 61SGD tapi Klook menjual paket tiket atraksi-atraksi wisata tersebut hanya dengan harga 52SGD.



5. Kunjungi atraksi-atraksi wisata gratis
Singapura memiliki beberapa atraksi wisata menarik yang tidak memungut bayaran. Mulai dari Merlion Park yang memiliki patung merlion yang sangat ikonis hingga pertunjukan cahaya dan air di Marina Bay Sands, Spectra Light & Water Show. Untuk tempat-tempat wisata gratis di Singapura lainnya, bisa dibaca di link berikut ini

6. Bawa botol air
Sebelumnya saya tidak tahu bahwa cukup aman untuk minur air dari keran di Singapura. Info ini saya ketahui dari petugas di Summer View Hotel, tempat saya menginap pada saat jalan-jalan ke Singapura pada Januari 2018. Dia mengatakan, sama seperti di Australia, minum langsung dari keran air juga aman di Singapura. Jadi daripada beli air kemasan ukuran 600ml yang harganya sekitar 2-3SGD, lebih baik bawa botol air dan isi ulang dari keran air.    

Itu tip hemat jalan-jalan di Singapura ala saya. Punya tip hemat lainnya? Share di kolom komentar, ya.. :)

Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h



Share:

0 komentar