7 Tempat Wisata Gratis di Singapura

Helix Bridge

Ingin jalan-jalan ke Singapura? Pastikan memasukkan tempat-tempat wisata gratis di Singapura berikut ini. Meskipun tidak memungut bayaran namun tempat-tempat ini tertata baik sehingga terlalu sayang untuk dilewatkan. 

1. Merlion Park
Foto: Pixabay

Di sini terdapat patung Merlion yang merupakan ikon dari Singapura. Memang sih, ini destinasi yang sangat predictable untuk turis yang pertama kali datang ke Singapura tapi beneran deh, rasanya ada yang kurang kalau pulang dari Singapura tanpa foto dengan latar patung ikan berkepala singa ini. Saya saja yang sudah pernah foto dengan patung ini beberapa tahun lalu tetap merasa ada yang kurang ketika ke Singapura Januari kemarin dan si Merlion sedang dalam perawatan. Selain patung Merlion, area ini juga cukup menyenangkan untuk jalan-jalan dan foto-foto.   

2. Marina Bay Sands

Bagi saya, highlight dari area Marina Bay Sands adalah area event plaza-nya. Saya sangat menikmati duduk-duduk di area ini pada malam hari sambil memandangi gedung-gedung pencakar langit. Ditambah lagi, ada Spectra Light & Water Show yang digelar setiap malam mulai pukul 20.00. Pertunjukan air dan cahaya Marina Bay Sands ini menarik dan cantik. Selain itu, window shopping di dalam mal-nya juga lumayan menyenangkan. Mal ini memiliki beberapa atraksi untuk memberikan pengalaman lebih dari sekadar belanja. Jangan lupa juga untuk melewati Helix Bridge saat berkunjung ke sini. Arsitektur jembatan ini cantik untuk difoto.   

3. Gardens by the Bay

Dengan luas sekitar 101 hektar, Gardens by the Bay ini sangat luas dan terbagi ke dalam beberapa area yang bisa dikunjungi. Tentunya tidak semua areanya bisa dimasuki dengan gratis namun area-area yang bisa dikunjungi dengan gratis juga tidak kalah memesona dengan area yang berbayar. Salah satu contohnya adalah kita bisa menikmati Garden Rhapsody Music & Light Show. Pertunjukan musik dan cahaya di Supertree Grove yang digelar setiap malam mulai pukul 19.45 ini sangat apik dan cantik. Saran saya, datang ke sini lebih awal untuk mencari spot yang lumayan enak untuk mendapatkan sudut pandang yang baik.   

4. Orchard Road

Di sini berderet mal dan pertokoan yang berada di kedua sisi jalan. Selain bisa window shopping, duduk-duduk di kursi yang berada di trotoarnya sambil melihat hiruk pikuk yang terjadi di sekitar cukup menyenangkan. Cocok untuk yang senang berada di pusat keramaian dan memperhatikan orang berlalu-lalang. Kalau sudah sampai sini, jangan lupa membeli es krim uncle yang banyak dijual di sini. Harganya cukup murah, hanya 1.20SGD namun memiliki rasa yang enak. 

5. Haji Lane
A post shared by Yani Lauwoie (@yanilauwoie) on
Terlepas dari areanya yang menyimpan sejarah, Haji Lane sebenarnya hanyalah sebuah gang dengan deretan pertokoan dan kafe. Tapi tempat ini menjadi salah satu destinasi yang banyak diburu turis karena dinding-dindingnya yang dipenuhi lukisan atau grafiti. Destinasi yang tepat didatangi untuk mendapatkan foto-foto bagus untuk Instagram.

6. Masjid Sultan

Hanya sekitar 5 menit jalan kaki dari Haji Lane, sudah bisa sampai ke Masjid Sultan. Masjid yang dibangun pada 1924 - 1928 ini merupakan salah satu masjid tertua di Singapura. Selain arsitekturnya, saya suka dengan konsep masjid ini yang bukan hanya terbuka untuk para umat Islam yang beribadah namun juga untuk turis yang beragama lain yang ingin mengetahui seperti apa tempat ibadah umat Islam. Para petugas juga memastikan para pengunjung berpakaian cukup sopan untuk masuk ke masjid dengan memberikan gamis. Dan untuk memastikan kesucian tempat ini tetap terjaga, tidak semua area masjid terbuka untuk turis.   

7. Resort World Sentosa

Banyak atraksi di Resort World Sentosa yang mengharuskan para pengunjung membayar namun bila hanya ingin berburu foto ikon-ikon Singapura, bisa dilakukan dengan gratis, kok. Contohnya adalah foto dengan bola dunia Universal Studios bisa dilakukan gratis karena bola dunia ini berada di luar pintu masuk Universal Studios. Dari bola dunia tersebut, bisa melanjutkan perjalanan dengan monorail Sentosa Express secara gratis dan hanya satu stasiun sudah sampai di Sentosa Merlion. Patung setinggi 37 meter ini merupakan Merlion tertinggi di Singapura. Bila tidak masuk ke dalamnya dan hanya foto-foto di depannya saja tidak perlu bayar tiket masuk. 

Punya tempat wisata gratis di Singapura lainnya? Share di kolom komentar, ya...


Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h




Share:

0 komentar