Tip Mendapatkan Kamar Hotel dengan Harga Murah


Ingin mendapatkan kamar hotel dengan harga murah? Coba beberapa tip berikut ini, deh. Saya sendiri pernah mencobanya, lho! 

1. Selalu bandingkan harga. Saya selalu membuka beberapa situs pemesanan akomodasi seperti Booking.com, Agoda, AirAsiaGo, dan Traveloka untuk membandingkan harga kamar dari hotel  yang sama dengan spesifikasi yang sama, dan tanggal yang sama, untuk mendapatkan harga yang paling murah. Selain itu, saya juga membandingkan dengan harga di situs resmi hotel yang bersangkutan. Percayalah meskipun tidak signifikan namun selalu ada perbedaan di antara semua situs tersebut.  

2. Langganan newsletter. Sebagai pelanggan newsletter beberapa situs pemesanan akomodasi, saya selalu mendapatkan email secara reguler tentang akomodasi-akomodasi yang sedang promo turun harga. Selain itu, situs-situs pemesanan akomodasi juga sering menggelar promo, baik itu promo dari mereka sendiri maupun yang bekerjasama dengan pihak ketiga. Saya pernah membatalkan pemesanan di Booking.com (karena saya pilih kamar free cancelation), begitu saya tahu Traveloka sedang ada promo. Alhasil saya bisa mendapatkan harga yang lebih murah untuk kamar yang sama persis.

3. Menjadi anggota dan setia pada situs pemesanan akomodasi tertentu. Kata 'setia' di sini bukan berarti hanya memesan pada satu situs saja dan tidak memesan pada situs lainnya, karena hal tersebut sulit dilakukan. Terlebih lagi untuk seorang budget traveler seperti saya yang terus membandingkan harga antara yang satu dengan yang lain. 'Setia' di sini maksudnya adalah sering melakukan pemesanan pada satu situs tertentu karena itu akan membawa keuntungan. Contohnya saya dengan Booking.com. Karena sering melakukan pemesanan lewat Booking.com, keanggotan saya sudah mencapai kategori "Genius" yang memberikan saya beberapa keuntungan. Misalnya mendapat diskon 10%, free wi-fi, chek out lebih lambat, dan beberapa keuntungan lainnya, tergantung yang diberikan oleh Booking.com dan hotel yang bekerjasama. Awalnya saya sempat meragukan diskon 10% ini dan untuk membuktikannya, saya coba pesan kamar dari akun saya dan teman saya mencoba dengan akunnya. Ternyata untuk kamar dan tanggal yang sama persis, harga yang tersedia untuk saya lebih murah 10% dibandingkan teman saya yang keanggotaannya di Booking.com belum mencapai kategori "Genius".

4. Pilih kamar tanpa free cancelation. Kalau memang sudah yakin dengan perjalanan yang akan dilakukan dan merasa mantap dengan kamar yang akan dipesan, sebaiknya pilih kamar yang tanpa free cancelation atau pembatalan gratis. Dari hasil observasi saya di beberapa situs pemesanan akomodasi, dengan tipe atau spesifikasi kamar yang sama persis, kamar tanpa free cancelation alias yang harus langsung dibayar saat melakukan pemesanan memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kamar dengan free cancelation. Perbedaan harganya bisa mencapai 20%, lho!

5. Manfaatkan fasilitas kartu kredit. Sebelum memesan kamar hotel, cari tahu terlebih dahulu apakah kartu kredit yang kita punya sedang ada kerjasama dengan hotel atau situs pemesanan akomodasi. Kartu kredit yang saya gunakan termasuk yang lumayan sering menggelar promosi ini, jadi lumayan bisa menghemat. 

6. Cek kartu pembayaran. Ada hotel-hotel tertentu yang mengenakan biaya pembayaran bila kita melakukan pembayaran menggunakan kartu-kartu tertentu. Cek perihal ini sebelum melakukan pemesanan dan hindari melakukan pembayaran dengan kartu yang dimaksud. 

7. Pesan dari aplikasi. Pernah membaca tulisan yang kurang lebih isinya menyatakan "dapatkan harga lebih murah bila pesan di aplikasi"? Itu beneran, lho. Hotel atau situs pemesanan akomodasi sering memberikan promo bila kita memesan melalui aplikasi mereka. Meskipun ini terkadang hanya berlaku untuk kamar dan hotel tertentu saja. 

8. Nego langsung dengan akomodasi yang bersangkutan. Ketika memesan kamar dengan jumlah yang banyak atau ingin menambah orang tanpa harus kena biaya tambahan lagi, tidak ada salahnya kita menghubungi langsung akomodasi yang bersangkutan untuk mendapatkan harga istimewa. Contohnya ketika saya ingin menyewa sebuah villa di Bandung, saya menghubungi langsung vila tersebut untuk mendapatkan harga istimewa dengan jumlah orang yang lebih banyak dari ketentuan yang tertera di situs mereka, dan saya berhasil, tuh. 

Punya tip lain untuk dapat kamar hotel harga murah? Share di kolom komentar, ya... :)

Booking.com ----------@yanilauwoie----------

Share:

0 komentar