Ditilang di Victoria, Australia

Pemandangan indah yang berbuah penilangan

Tidak ada tawar-menawar atau adu otot. Kami bahkan tidak melihat adanya petugas namun itu tidak membuat kami bisa hengkang dari pelanggaran yang kami lakukan.

Hari itu, agenda saya, Asri dan Trav adalah mengunjungi Great Ocean Road. Tempat wisata wajib kunjung di Victoria, Australia ini berjarak sekitar 4 jam dari Melbourne. Kawasan ini luas banget. Sepanjang jalan, ada banyak titik wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya adalah mercusuar Split Points. Mampir lah kami ke situ.

Lihat-lihatnya nggak lama. Paling hanya 15 menit. Tapi begitu kembali ke mobil, sudah ada secarik kertas kecil yang diselipkan di wiper mobil Trav. Ternyata oh ternyata itu adalah surat tilang karena kami parkir di tempat yang bukan seharusnya. Saya awalnya bingung kenapa harus ditilang karena di situ tidak ada larangan parkir. "Tapi mereka sudah menyediakan tempat parkir di bawah sana dan kita nggak parkir di sana," ujar Trav. 

Kalau Asri bingung untuk hal lain lagi. "Di sini bahkan nggak ada petugas berkeliaran. Kita nggak lihat kan, ada petugas?" Pasti tadi ada petugas yang melihat mobil terparkir tidak pada tempatnya. Tanpa perlu repot-repot mencari siapa pemiliknya, dia hanya perlu memberikan tiket tilang dan yakin bahwa orang yang diberinya tiket tersebut akan membayarnya.

"Kita nggak bisa pura-pura nggak lihat tiketnya, ya? Bisa kan, tiketnya ketiup angin," kata saya kepada Trav. "Ya nggak bisa gitu lah," balas Trav.

Yap, semuanya sudah terkoneksi dengan sistem. Kalau tidak dipatuhi, akan menyulitkan sendiri bila mau mengurus surat-surat di kemudian hari. Nggak heran meskipun bete, beberapa hari kemudian Trav membayar denda yang besarnya sekitar 1,5 juta tersebut.

Jadi kalau bawa mobil di Australia, jangan sembarangan dengan peraturan lalu lintasnya. Kalau nggak, ya siap-siap aja ditilang.

----------@yanilauwoie----------


Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar