Tip Jalan-jalan Hemat di Brisbane, Australia


Dari hasil jalan-jalan saya selama beberapa hari di Brisbane, Queensland pada bulan Agustus 2017, ada beberapa hal yang bisa membuat pengeluaran menjadi hemat. Berikut adalah beberapa tip jalan-jalan hemat di Brisbane.

1. Gunakan City Loop dan CityHopper
City Loop dan CityHopper adalah bus dan kapal yang bisa digunakan sebagai alat transportasi di seputaran pusat kota Brisbane. Jadi kalau memang tujuan kita berada di area yang dekat dengan pemberhentian mereka, tentu sebaiknya memanfaatkan fasilitas ini. Saya sendiri sempat mencoba dua kali naik CityHopper.   



2. Gunakan Go Card
Alat transportasi di Brisbane yang menggunakan jaringan TransLink, baik itu bus, kereta, maupun ferry menerima dua jenis pembayaran, yaitu menggunakan uang tunai dan go card. Untuk menghemat biaya transportasi saya menggunakan go card. Karena bila membayar dengan kartu ini bisa menghemat ongkos sampai 20% untuk perjalanan yang dilakukan di luar jam-jam sibuk. Go card bisa dibeli di Visitor Information Centre atau mini market-mini market seperti 7-Eleven. Enaknya lagi, ketika sudah tidak dibutuhkan, go card bisa dikembalikan di Visitor Information Centre dan uang deposit/pembelian kartu sebesar 10 AUD serta sisa uang yang ada di kartu akan dikembalikan.

3. Manfaatkan potongan harga di buku Brisbane Visitor Guide
Saat mendarat di Brisbane, saya mampir ke pusat informasi untuk mencari tahu beberapa hal. Nah, di sini saya mendapatkan buku Brisbane Visitor Guide yang berisi panduan tempat-tempat menarik di Brisbane. Termasuk di dalamnya ada kupon potongan harga dan penawaran istimewa untuk atraksi-atraksi wisata.



4. Beli tiket wisata secara online

Untuk beberapa tempat wisata yang berbayar menyediakan harga tiket berbeda antara yang dibeli secara online dengan beli langsung. Contohnya ketika saya mengunjungi Lone Pine Koala Sanctuary. Harga tiket untuk orang dewasa bila membeli langsung di sana adalah 36 AUD sedangkan bila membeli secara online di situs mereka lebih murah 10%, yaitu 32.40 AUD. 

5. Minum air keran
Daripada membeli air dalam kemasan yang harganya antara 2-3 AUD, lebih baik bawa botol isi ulang dan isi air di tap/keran-keran air. Seperti di kota-kota Australia lainnya, air keran di Brisbane aman untuk langsung diminum. Hal ini bisa diterapkan juga ketika makan di restoran. Daripada memesan minuman yang berbayar lebih baik pesan tap water saja yang gratis.  




6. Kunjungi tempat-tempat wisata gratis di Brisbane

Ada beberapa tempat wisata gratis yang tersebar di pusat kota Brisbane. Brisbane Museum dan Clock Tower Tour yang berada di City Town Hall, City Botanic Gardens, dan Parklands di South Bank adalah beberapa tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi. Meskipun gratis namun fasilitas dan pelayanan yang diberikan harus saya acungi jempol. Semuanya rapi dan tertata baik.  

Itulah beberapa tip hemat saat jalan-jalan ke Brisbane. Punya tip hemat lainnya? Share di kolom komentar ya.. :)


----------@yanilauwoie----------



Share:

0 komentar