4 Atraksi Wisata Gratis di Brisbane


Sama seperti kota-kota besar di Australia lainnya, Brisbane memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa harus mengeluarkan uang. Berikut adalah beberapa atraksi wisata gratis di Brisbane yang sempat saya kunjungi pada bulan Agustus lalu. 



1. CityHopper
Lebih dari sekedar alat transportasi, kapal CityHopper sudah menjadi bagian dari objek wisata itu sendiri. Dengan kapal ini, kita bisa berkeliling kota Brisbane melalui jalur air dan melihat pemandangan-pemandangan spektakuler sepanjang perjalanan. Kita bisa naik dan turun di perhentian-perhentian yang menjadi rute mereka, yaitu North Quay, South Bank 3, Maritime Museum, Thornton Street, Eagle Street Pier, Holman Street, Dockside dan Sydney Street. CityHopper yang beroperasi di atas Brisbane River ini ada setiap 3 menit sekali mulai dari jam 6 pagi sampai tengah malam. Saya naik kapal ini dua kali pada pagi dan malam hari. Harus saya akui pemandangan kota Brisbane yang gemerlap di malam hari lebih terlihat memukai daripada pagi hari. Saran saya, bila ingin mendapatkan pemandangan yang bagus, pilihlah posisi duduk di bagian atas tapi siap-siap dengan dinginnya hembusan angin, ya. 



2. South Bank Parklands
Dari CityHopper, saya sempat turun di South Bank 3 dan berjalan-jalan di Parklands-nya. Area yang memiliki luas sekitar 17 hektare ini menyajikan banyak hal yang menarik. Mulai dari taman yang dipenuhi pepohonan dan bunga-bunga, taman bermain anak-anak, sampai pantai buatan bernama Street Beach yang memiliki kolam renang. Semua fasilitas gratis ini tertata rapi dan cantik. Sayangnya saat saya berkunjung ke sini, cuaca sedang dingin. Jadi saya hanya bisa terkagum-kagum saja mengamati tempat ini tanpa bisa mencoba kolam renangnya. Di sini juga terdapat Brisbane sign yang menjadi ikon ibukota negara bagian Queensland ini. Foto dengan sign ini membuat saya merasa 'sah' berkunjung ke Brisbane. 



3. Museum of Brisbane + Clock Tower
Baik Museum of Brisbane dan Clock Tower of Brisbane sama-sama berada di Brisbane City Hall yang beralamat di 64 Adelaide St, Brisbane City, Queensland, 4000. Saat berkunjung ke museumnya sedang ada pameran 100% Brisbane di mana banyak sekali karya dan informasi yang menggambarkan tentang kota Brisbane. Dari museum, saya kemudian mengikuti Clock Tower Tour. selama sekitar 15 menit, seorang pemandu menemani naik ke ketinggian sekitar 64 meter. Tower-nya sendiri memiliki tinggi sekitar 87 meter. Sang pemandu menceritakan banyak hal tentang jam yang sudah berusia sekitar 89 tahun tersebut. Dia bilang, ini adalah jam analog tertua di Australia. Karena peserta Clock Tower sangat dibatasi, saran saya begitu sampai museum, segera daftar untuk ikutan Clock Tower tour kepada resepsionis museum. Sambil menunggu giliran tur, kita bisa melihat-lihat museum terlebih dahulu. 



4. City Botanic Gardens
Jalan-jalan sore di taman yang sudah ada sejak tahun 1828 ini menjadi salah satu aktivitas yang saya lakukan ketika jalan-jalan ke Brisbane. Pemandangan yang serba hijau membuat perasaan lelah setelah berjalan-jalan seharian menjadi hilang. Kalau ditanya apa yang paling saya sukai dari taman seluas sekitar 20 hektare ini, saya akan menjawab Formal Flower Garden. Saat saya ke sana, area ini dipenuhi oleh display bunga-bunga yang sangat cantik. Melihatnya membuat perasaan lelah berganti menjadi gembira. 

----------@yanilauwoie----------



Share:

0 komentar