Tur Gratis di Parliament of Victoria, Melbourne

Di dua kunjungan pertama saya ke Melbourne pada November 2014 dan Mei 2015, saya tidak sempat ikut tur ke dalam Parliament of Victoria. Baru di kunjungan ketiga pada Oktober 2015 saya sempat ikutan tur gratis ini. Setelah mengikuti tur ini, saya harus bilang it's a must free tour to try in Melbourne.

Saya dan teman saya, Asri ikut tur di pukul 10.30. Setelah melewati bagian pemeriksaan tas dan mendapatkan tempat untuk menitipkan tas, seluruh peserta tur yang saat itu terdiri dari 24 orang disambut oleh pemandu bernama Tony. Dia menjelaskan sedikit sejarah tentang Australia, pemilihan nama Victoria sebagai salah satu negara bagian di Australia dan tentunya sejarah Parliament of Victoria itu sendiri.

"Kita nanti akan melihat ruangan-ruangan di mana semua keputusan dibuat. Tapi kalau nanti ada rombongan anak sekolah kita harus mengalah. Karena mereka adalah prioritas," ucap Tony sebelum membawa kami ke ruangan Legislative Assembly dan Legislative Council.

Tadinya saya mengira kalau ada anak sekolah kami tidak boleh masuk. Tapi ternyata tetap boleh masuk tapi kami dapat kursi di pinggir sementara anak sekolah mendapat kursi di tengah. Rombongan anak sekolah ini kami temui saat kami masuk ruangan yang kedua, yaitu Legislative Council. 


Rombongan anak sekolah mendapatkan demonstrasi tentang pengambilan kebijakan politik

Rombongan anak sekolah ini memiliki seorang pemandu juga. Karena akan terlalu ramai bila ada 2 pemandu menjelaskan maka Tony meminta kami untuk mendengarkan penjelasan dari pemandu anak sekolah tersebut. Sang pemandu memberi contoh kepada anak-anak tersebut bagaimana para elite politik berdiskusi untuk mengambil suatu kebijakan politik. Video demonstrasinya bisa dilihat di sini.

Terlepas dari proses tersebut, gedung Parliament ini sangat indah. Dari dua ruangan yang kami masuki saya suka ruangan Legislative Council. Terlihat mewah dan megah. Apalagi bagian atapnya, bikin saya ingin terus menerus memotretnya.

Selain itu, saya suka dengan cara pemerintah Victoria membuka Parliament ini sebagai salah satu tempat wisata. Selain menunjukkan keterbukaan, orang-orang (terutama generasi muda Victoria itu sendiri) jadi tahu seperti apa proses politik di negaranya. 

Jadi kalau ada waktu jalan-jalan di Melbourne, tempat ini salah satu tujuan wajib yang harus dikunjungi. Tur ini terbuka untuk umum. Kita hanya perlu datang sesuai waktu yang ditentukan. Tapi karena jumlah peserta tur di setiap sesinya terbatas, jadi sebaiknya datang sekitar 15-30 menit sebelum tur dimulai. Karena berlaku sistem siapa cepat, dia dapat. 

Meskipun belum diperbolehkan masuk tapi setidaknya kita sudah bisa antri di pintu masuk untuk memastikan mendapatkan jatah tiket masuk. Waktu itu, kami diberikan stiker hijau sebagai tanda masuk. Lagi-lagi karena jumlahnya yang terbatas, untuk rombongan yang mau ikutan tur ini disarankan untuk membooking terlebih dahulu. Untuk jadwal tur dan booking rombongan bisa dilihat di sini.

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie


Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar