Jangan Buka Mulut Terlalu Lebar di Australia

Foto Ilustrasi: Pixabay

Dari sekian banyak kejutan yang saya temukan di Australia, saya tidak menyangka bahwa ini adalah salah satunya. Kok bisa ya, Australia itu banyak lalat?

Ketika saya berada di dalam ruangan, sih, saya tidak menemukan lalat berkeliaran. Tapi saat di luar ruangan, beberapa lalat menghampiri. Anehnya, lalat-lalat ini beterbangan di sekitar wajah. Sangat mengganggu. Salah satu kejadian yang saya ingat adalah ketika saya, Trav, Indy, dan Pa mengunjungi Jan Juc Beach yang ada di Torquay, Victoria di suatu hari di bulan Oktober 2015. 

Saat asyik-asyiknya main di pinggir pantai, lalat-lalat datang mengganggu. Berkali-kali saya harus mengibasnya dari wajah. Aneh, sih, karena pantai itu sungguh bersih. Sejauh mata memandang saya tidak melihat adanya tumpukan sampah. Saking herannya, saya sampai menanyakan perihal ini kepada Pa. Pria 76 tahun ini tersenyum dan berkata kepada Trav, "bahkan Yani sadar kalau di Australia banyak lalat." 

Kejadian di Jan Juc, sih, tidak seberapa. Beberapa hari sebelumnya, teman saya, Asri mengalami kejadian menyebalkan dengan lalat. Hari itu, kami sedang jalan-jalan di sekitar Southbank, tepat di pinggir Sungai Yarra, Melbourne. Bercerita dan tertawa. Normalnya orang yang sedang tertawa, mulut Asri terbuka lebar. Di tengah tawanya, Asri tiba-tiba terdiam. Lalu sejurus kemudian, dia batuk-batuk. 

"Kayaknya ada lalat masuk ke mulut gue," ujarnya. Ia pun berusaha memuntahkan lalat tersebut. Berkali-kali ia melakukan itu namun kami tidak melihat ada lalat yang keluar dari mulutnya. "Tapi gue yakin lalat itu masuk ke mulut gue," tegas Asri. Lalu kemana lalat itu? Hilang di dalam mulut Asrikah? 

Sampai saya menulis ini, saya tidak tahu kemana lalat tersebut bermuara. Apakah tertelan oleh Asri atau tidak. Tapi ini memberi saya pelajaran untuk tidak membuka mulut lebar-lebar saat berada di Australia. Terutama di kisaran musim semi - panas. Dari hasil googling-an (saking penasaran saya googling tentang lalat-lalat di Australia), disebutkan bahwa musim semi menuju panas merupakan saat yang tepat bagi para lalat di sana untuk berkembang biak. So watch out your mouth!

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar