Makanan Enak di Melbourne, Australia

Empat kali jalan-jalan ke Melbourne, ada beberapa makanan yang menurut saya cocok di lidah saya. Berikut makanan enak di Melbourne yang pernah saya coba.



Salted Fish and Chicken Fried Rice di Canton Malay Cuisine
Saya makan nasi goreng ini sudah dua kali, pada bulan Mei dan Oktober 2015 Tentunya ketika saya sedang mengunjungi Queen Victoria Market karena di situlah letak Canton Malay Cuisine berada. Tempatnya berada dalam satu foodcourt. Saya suka dengan nasi goreng ini karena bumbunya dan ikan asinnya berasa pas di lidah. Ditambah lagi mereka memiliki cabai merah potong dan acar yang asam segar, sehingga menambah kelezatan nasi goreng. Tapi porsinya luar biasa besar. Karena itu ketika makan ini untuk kedua kalinya, saya sharing dengan teman saya, Asri. Untuk porsi yang bisa dimakan berdua, harga 12 AUD per porsi bisa dibilang terjangkau.


Donat di American Doughnut Kitchen
Masih dari area Queen Victoria Market. Tepatnya di dekat parkiran antara market yang indoor dengan outdoor. Secara tidak sengaja saya menemukan donat yang enak. Saat itu, awal Mei 2016 saya sedang mencari oleh-oleh di Queen Victoria Market, saya melihat ada antrian panjang di sebuah food truck. Tapi karena tujuan saya bukan untuk makan, saya pun melewatinya. Tapi ketika akan pulang, saya masih melihat antrian tersebut, saya pun penasaran ikut mengantri. Saya membeli satu donat. Donat ini tidak memiliki lubang karena ada isi selai strawberry di dalamnya. Sedangkan di bagian luarnya, ada taburan gula. Hanya satu jenis donat ini saja yang mereka jual dengan harga 1.10 AUD. Yang saya suka adalah ketika dimakan donatnya terasa renyah dan selai strawberry-nya terasa pas dan tidak berlebihan. Saya langsung merasa menyesal hanya membeli satu saja.


Pho di Mekong
Pertama kali saya makan di sini adalah pada Mei 2015 dan saya mengulanginya lagi di Mei 2016. Menu yang saya pesan pun sama Pho Beef & Tendon ukuran reguler (porsinya sangat besar) seharga 10.05 AUD. Harganya mengalami kenaikan dari yang tahun sebelumnya hanya 9.9 AUD. Dua kali makan pho ini dan keduanya enak. Bumbu kuahnya berasa, daging dan kikilnya mudah dikunyah. Restoran Vietnam yang terletak di Swanston Street ini memang cukup terkenal. Di restorannya terpajang penghargaan dari TripAdvisor. Saat kedatangan kedua, saya makan sekitar jam 3 sore. Tapi penuhnya luar biasa. Saya sampai harus berbagi meja dengan satu pasang yang sudah makan lebih dulu di situ. Mereka selesai, berdatangan tamu-tamu lain yang berbagi meja dengan saya. Jadi jangan harapkan bisa kongkow di sini.


Spring Roll di Mama Tran Dumpling
Ini makanan yang selalu saya makan ketika di Melbourne. Bukan berarti saya tidak mencoba spring roll di tempat lain. Tapi, tidak ada yang seenak buatan Mama Tran Dumpling yang ada di South Melbourne Market. Biasanya saya selalu makan Vegetarian Spring Roll seharga 2 AUD namun di kedatangan terakhir, awal Mei 2016 saya mencoba Beef Spring Roll seharga 2.40 AUD. Ukurannya lumayan besar. Bumbunya berasa sampai ke sayur dan dagingnya. Kulitnya pun garing. Overall sangat enak! Selain vegetarian dan beef, ada juga Seafood Spring Roll, dim sim, dumpling, dan paket nasi.


Mix-beery Cheesecake di Aga The France Patiserrie
Hari itu, setelah makan Beef Spring Roll dan Chicken Dim Sim, saya merasa butuh makan yang manis-manis. Saya pun berputar mencari cheesecake yang memang salah satu dessert favorit saya. Saat berputar-putar, tidak sengaja nemu toko patiserrie ini. Sejujurnya harga 8 AUD cukup mahal untuk cheesecake berukuran kecil. Tapi rasanya... luar biasa! Campuran kejunya yang gurih dan asam manis gabungan strawberry dan blueberry bikin cheesecake ini enak banget. Sebelum cheesecake ini, cheesecake yang juga luar biasa enak menurut saya adalah yang ada di Apollo Bay Hotel, Great Ocean Road. Pertama kali makan cheesecake di sana pada November 2014 tapi saat saya ke sana lagi pada Oktober 2015, lobi hotelnya sedang renovasi, jadi toko kuenya tidak ada lagi. Setelah itu sempat dua kali makan cheesecake dari dua toko yang berbeda di South Melbourne Market dan keduanya rasanya standar. Jadi begitu nemu cheesecake enak di Aga The France Patiserrie ini saya senang banget. Nggak perlu jauh-jauh lagi ke Apollo Bay.


Diced Chicken and Salted Fish Fried Rice di Man Tong Kitchen
Awal Mei 2016 merupakan kali kedua saya makan di restoran yang ada di Crowne Promenade, Southbank ini. Yang pertama pada Oktober 2015. Seingat saya di kedatangan yang pertama makanan yang saya makan cukup enak (nasi goreng udang dan aneka dim sim) karena itu saya nggak ragu untuk makan lagi di sini. Untuk nasi goreng ikan asin dan ayam ini satu porsinya seharga 25.80 AUD. Ukurannya sangat besar, cukup untuk sharing berdua. Sebagai penggemar nasi goreng ikan asin dan teri asin, menurut saya nasi goreng ikan asin di Man Tong ini memenuhi kriteria yang saya sukai, yaitu nasi goreng putih (tanpa kecap) dan irisan ikan asin berasa tapi tidak berlebihan. Meskipun menurut saya akan lebih sempurna bila tidak ada irisan ayam di dalamnya namun kehadirannya tidak terlalu mengganggu. Secara keseluruhan enak!

Crispy Shredded Beef in Spicy Mandarin Sauce di Man Tong Kitchen
Ini lauk yang saya makan untuk menemani nasi goreng ikan asin di atas. Saya suka sekali dengan makanan ini. Potongan daging yang dibentuk panjang-panjang ini cukup crispy. Daging ini dilapisi saus lengket yang rasanya manis. Sama sekali tidak berasa pedas. Rasa pedasnya itu sendiri ada di potongan cabai merah yang ditaburkan di atasnya. Sebagai penyuka pedas, potongan cabai merah ini tidak ada apa-apanya. Mungkin menyesuaikan dengan lidah orang sana yang tidak tahan pedas. Tapi karena saat itu saya tidak sedang ingin makan pedas, jadi makanan ini pas dan enak di lidah saya. Untuk harga 29.80 AUD per porsinya, ukurannya cukup besar. Sebagai lauk, tidak habis dimakan berdua. Cukup untuk bertiga. Sebagai tambahan info, Man Tong Kitchen adalah chinese restaurant dengan konsep fine dining. Para pelayannya akan menarikkan kursi untuk kita duduk, meletakkan napkin di pangkuan kita, menuangkan minuman ke gelas dan memberikan handuk hangat untuk kita membersihkan tangan.

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie

YouTube: yanilauwoie

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar